ISC adalah Indonesia Soccer Championship, sebuah wadah kompetisi indonesia yang terintegrasi dari kompetisi profesional berjenjang hingga kompetisi amatir. Tatanan kompetisi yang dikelola oleh ISC adalah sebagai berikut:
- ISC – A
Strata liga profesional tertinggi yang ada di Indonesia, diikuti oleh 18 klub dari seluruh Indonesia - ISC – B
Strata liga profesional nomor dua yang ada di Indonesia, diikuti oleh 53 klub dari seluruh Indonesia - Kompetisi U-21
Sistem kompetisi profesional bagi pemain U-21 yang mengedepankan koleksi data base guna membangun sistem pembinaan berjenjang bagi sepak bola nasional - Piala Soeratin U-17
Sistem kompetisi usia muda U-17 sebagai langkah akhir dari pembinaan youth formative sebelum memasuki jenjang yang lebih tinggi - Piala Presiden
Sistem kompetisi profesional yang rutin akan menjadi icon dalam turnamen di Indonesia - Liga Nusantara
Kompetisi amatir bagi para pesepakbola dan tim di Indonesia, yang bertujuan untuk menjalankan salah satu objektif ISC dalam menjaga dan meningkatkan popularitas olahraga sepak bola– football for all
MISI DAN KEBIJAKAN ISC
Melakukan reformasi pengelolaan kompetisi profesional yang berintegritas, untuk pembentukan tim nasional yang tangguh.- Penerapan GCG- Good Corporate Governance di semua level (Klub, Pengelola Liga dan Mitra)
- Implementasi Club Licensing Regulation
- Ketaatan terhadap Peraturan / Undang-undang yang berlaku.
OBJEKTIF ISC
Memastikan bahwa seluruh kompetisi ISC akan memberikan hasil yang baik dan berkesinambungan dalam aspek-aspek berikut:- Sporting/Keolahragaan: melindungi dan meningkatkan integritas kompetisi dan kualitas permainan. Menjaga dan meningkatkan popularitas sepak bola Indonesia di semua kalangan
- Ekonomi: pengeluaran vs pemasukan (sustainability)
- Sosial: memberikan dampak perkembangan sosial terhadap fans & supporter
- Kebudayaan: memberikan edukasi dan transfer nilai kepada masyarakat sekitar melalui esensi sepak bola
ISC – DALAM ASPEK BISNIS
Dalam pengelolaan ISC, PT Gelora Trisula Semesta mengedepankan manajemen profesional dengan sistem manajemen kualtas (Quality Control) untuk menjaga stabilitas kompetisi dan juga memberikan legacy yang dapat bermanfaat bagi stakeholder utama dari sebuah kompetisi yaitu klub.Aspek bisnis dibawah ini adalah ilustrasi dari pengaruh ekonomi dan juga perhitungan bisnis untuk 1 musim ISC-A:
- Pengaruh Ekonomi
- Total Fans ~16 juta
- Fans berkunjung ke stadion ~ 150.000-200.000/minggu
- Merchants ~6,500 pedagang
- Pemain, coach dan o cials ~50,000 orang
- Number of dependants ~100,000 orang
- Direct economic impacts ~ Rp. 6 Triliun
- Potential income tax to Government ~Rp (50) Miliar
- Cost vs Revenue
Dengan program dan regulasi yang akan ISC jalankan disetiap lini
kompetisi, sebagaimana dideskripsikan dalam lampiran regulasi dan
program pendukung, maka 70% dari total pengeluaran ISC adalah bagi
pembinaan klub.
Regulasi
Proteksi pemain
- Regulasi dan sistem pengawasan untuk ketepatan waktu dalam pembayaran klub terhadap pemain — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 65 & Pasal 66 mengenai kontribusi terhadap klub dan pemenuhan hak pemain.
- Regulasi dan standarisasi dokumen kontrak pemain — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 34 & ISC Manual Kontrak Pemain
Monitoring wasit
- Regulasi — Kode disiplin dan kode etik secara menyeluruh
Integritas
- Regulasi akan kepemilikan klub — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 5
- Regulasi akan competitive balance dalam kompetisi — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 5
- Regulasi akan doping, match fixing dan fairplay — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 5, 6 dan 8
Fans dan suporter
- Handbook akan edukasi dari klub kepada fans akan sikap fans ketidak di dalam maupun luar stadion serta media sosial online — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 6 ayat 8, 9 & Manual Fans dan Suporter
Sistem audit dan efisiensi
- Regulasi akan sistem audit berkala bagi klub — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 6 & GTS Quality Management System - Prosedur Audit & Review
Proteksi komersial
- Regulasi komersial dan marketing — Regulasi Komersial dan Marketing ISC, Regulasi Kompetisi ISC bagian XIV.Komersial & GTS Qualitiy Management System - Event & Risk Management
- Sponsor activation dan monitoring system — Manual Marketing
- Sistem pengawasan aktivitas komersial on site, on tv, on social media — Manual Marketing
Pengembangan klub (pengawasan & sistem salaray cap)
- Regulasi finansial club yang mengutamakan aspek performa klub baik komersil dan non komersil dalam bobot penerimaan biaya — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 6, 65 dan 66 & GTS Quality
- Sistem salary cap — pembatasan total pengeluaran klub untuk gaji pemain sebesar minimum 5M (floor) dan maksimum 10M (cap) di luar ketentuan marquee player
- Subsidi komersial ISC-A
- Hadiah juara 3M dan runner-up 2M
- Subsidi 5M
- Extra revenue yang akan ditetapkan berdasarkan performa klub
ISC adalah Indonesia Soccer Championship, sebuah wadah kompetisi indonesia yang terintegrasi dari kompetisi profesional berjenjang hingga kompetisi amatir. Tatanan kompetisi yang dikelola oleh ISC adalah sebagai berikut:
- ISC – A
Strata liga profesional tertinggi yang ada di Indonesia, diikuti oleh 18 klub dari seluruh Indonesia - ISC – B
Strata liga profesional nomor dua yang ada di Indonesia, diikuti oleh 53 klub dari seluruh Indonesia - Kompetisi U-21
Sistem kompetisi profesional bagi pemain U-21 yang mengedepankan koleksi data base guna membangun sistem pembinaan berjenjang bagi sepak bola nasional - Piala Soeratin U-17
Sistem kompetisi usia muda U-17 sebagai langkah akhir dari pembinaan youth formative sebelum memasuki jenjang yang lebih tinggi - Piala Presiden
Sistem kompetisi profesional yang rutin akan menjadi icon dalam turnamen di Indonesia - Liga Nusantara
Kompetisi amatir bagi para pesepakbola dan tim di Indonesia, yang bertujuan untuk menjalankan salah satu objektif ISC dalam menjaga dan meningkatkan popularitas olahraga sepak bola– football for all
MISI DAN KEBIJAKAN ISC
Melakukan reformasi pengelolaan kompetisi profesional yang berintegritas, untuk pembentukan tim nasional yang tangguh.- Penerapan GCG- Good Corporate Governance di semua level (Klub, Pengelola Liga dan Mitra)
- Implementasi Club Licensing Regulation
- Ketaatan terhadap Peraturan / Undang-undang yang berlaku.
OBJEKTIF ISC
Memastikan bahwa seluruh kompetisi ISC akan memberikan hasil yang baik dan berkesinambungan dalam aspek-aspek berikut:- Sporting/Keolahragaan: melindungi dan meningkatkan integritas kompetisi dan kualitas permainan. Menjaga dan meningkatkan popularitas sepak bola Indonesia di semua kalangan
- Ekonomi: pengeluaran vs pemasukan (sustainability)
- Sosial: memberikan dampak perkembangan sosial terhadap fans & supporter
- Kebudayaan: memberikan edukasi dan transfer nilai kepada masyarakat sekitar melalui esensi sepak bola
ISC – DALAM ASPEK BISNIS
Dalam pengelolaan ISC, PT Gelora Trisula Semesta mengedepankan manajemen profesional dengan sistem manajemen kualtas (Quality Control) untuk menjaga stabilitas kompetisi dan juga memberikan legacy yang dapat bermanfaat bagi stakeholder utama dari sebuah kompetisi yaitu klub.Aspek bisnis dibawah ini adalah ilustrasi dari pengaruh ekonomi dan juga perhitungan bisnis untuk 1 musim ISC-A:
- Pengaruh Ekonomi
- Total Fans ~16 juta
- Fans berkunjung ke stadion ~ 150.000-200.000/minggu
- Merchants ~6,500 pedagang
- Pemain, coach dan o cials ~50,000 orang
- Number of dependants ~100,000 orang
- Direct economic impacts ~ Rp. 6 Triliun
- Potential income tax to Government ~Rp (50) Miliar
- Cost vs Revenue
Dengan program dan regulasi yang akan ISC jalankan disetiap lini
kompetisi, sebagaimana dideskripsikan dalam lampiran regulasi dan
program pendukung, maka 70% dari total pengeluaran ISC adalah bagi
pembinaan klub.
Regulasi
Proteksi pemain
- Regulasi dan sistem pengawasan untuk ketepatan waktu dalam pembayaran klub terhadap pemain — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 65 & Pasal 66 mengenai kontribusi terhadap klub dan pemenuhan hak pemain.
- Regulasi dan standarisasi dokumen kontrak pemain — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 34 & ISC Manual Kontrak Pemain
Monitoring wasit
- Regulasi — Kode disiplin dan kode etik secara menyeluruh
Integritas
- Regulasi akan kepemilikan klub — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 5
- Regulasi akan competitive balance dalam kompetisi — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 5
- Regulasi akan doping, match fixing dan fairplay — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 5, 6 dan 8
Fans dan suporter
- Handbook akan edukasi dari klub kepada fans akan sikap fans ketidak di dalam maupun luar stadion serta media sosial online — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 6 ayat 8, 9 & Manual Fans dan Suporter
Sistem audit dan efisiensi
- Regulasi akan sistem audit berkala bagi klub — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 6 & GTS Quality Management System - Prosedur Audit & Review
Proteksi komersial
- Regulasi komersial dan marketing — Regulasi Komersial dan Marketing ISC, Regulasi Kompetisi ISC bagian XIV.Komersial & GTS Qualitiy Management System - Event & Risk Management
- Sponsor activation dan monitoring system — Manual Marketing
- Sistem pengawasan aktivitas komersial on site, on tv, on social media — Manual Marketing
Pengembangan klub (pengawasan & sistem salaray cap)
- Regulasi finansial club yang mengutamakan aspek performa klub baik komersil dan non komersil dalam bobot penerimaan biaya — Regulasi Kompetisi ISC Pasal 6, 65 dan 66 & GTS Quality
- Sistem salary cap — pembatasan total pengeluaran klub untuk gaji pemain sebesar minimum 5M (floor) dan maksimum 10M (cap) di luar ketentuan marquee player
- Subsidi komersial ISC-A
- Hadiah juara 3M dan runner-up 2M
- Subsidi 5M
- Extra revenue yang akan ditetapkan berdasarkan performa klub
0 comments:
Post a Comment